Wednesday, January 4, 2012

Motor Juga Bisa Seperti Mobil Esemka

Juga kendaraan lain seperti pesawat. "Kalau motor lebih mudah, motor bisa juga lah.

Logo SMK (VIVAnews/ Fajar Sodik)

VIVAnews -- Melambungnya "Kiat Esemka", mobil buatan siswa-siswa SMK di Surakarta diyakini jadi momentum bangkitnya industri mobil nasional yang kini mati suri. Juga, mendorong inovasi di bidang lain.

Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta mengatakan, bangsa Indonesia juga bisa mempopulerkan produk-produk berteknologi tinggi semacam mobil Esemka.

Selama ini, dia menambagkan, Kementerian bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah mengembangkan teknologi yang dipersiapkan untuk kebutuhan masyarakat dalam negeri.

"BTTP sudah bikin bus angkut karyawan yang ramah lingkungan, kami sudah beli itu, dan teknologi yang ramah linkungan banyak lagi yang akan dikembangkan," ujarnya di Kantor BATAN, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Januari 2012. "Ada juga obat-obatan maupun kendaraan," lanjutnya.

Saat ditanya lebih lanjut, apakah dapat membuat teknologi motor yang nantinya dapat menyusul Mobil Kiat Esemka, ia optimistis. "Kalau motor lebih mudah, motor bisa juga lah," ujarnya.

Teknologi lain yang nantinya akan dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat dalam negeri yakni Pesawat N 219. "Kami siapkan tenaga ahlinya," kata dia.

Menristek juga mengusulkan agar teknologi mobil 'Kiat SMK" terus dikembangkan. Selain lebih canggih juga ramah lingkungan. "Kami bantu masukan teknologinya," kata dia.

Mobil Esemka mendadak tenar, gara-gara keputusan Walikota Solo, Joko Widodo mengganti Camry lamanya dengan "Kiat Esemka" berharga Rp95 juta sebagai mobil dinas.

Apa yang dilakukan Jokowi menuai polemik. Tapi banyak juga yang menirunya, memakai mobil rakitan anak SMK. Bengkel Kiat mencatat pesanan atas nama: Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hingga Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono.

"Lalu, ada lagi Roy Suryo, Guruh Soekarnoputra, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Aria Bima, dan kepala Dinas Tata Kota Jakarta (Wiryatmoko)," kata pemilik bengkel Kiat, Sukiat, kepada VIVAnews.com, Kamis 5 Januari 2012. Juga dari kalangan seniman, Gunanjar dan Garin Nugroho.



VIVAnews

No comments:

Post a Comment