Thursday, September 23, 2010

Ahli Fisika Australia Temukan Kesalahan di Dalam Kamus

- Seorang ahli fisika Australia telah mengungkapkan kesalahan dalam definisi di kamus yang tampaknya telah berjalan tanpa koreksi selama satu abad.

Sivitas Akademika University of Queensland, Stephen Hughes menemukan lema bagi kata siphon secara keliru menyatakan tekanan atmosfer adalah kekuatan yang memungkinkan alat itu memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat lain.

"Daya tarik lah yang memindahkan cairan di satu pipa pemindah (siphon), dan air di bagian turun yang lebih panjang menarik air ke bagian yang lebih pendek," katanya.

"Pemeriksaan ekstensif terhadap kamus daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) tak mengungkapkan satu kamus pun yang secara benar merujuk bahwa gravitasi lah yang menjadi kekuatan penggerak pada pipa pemindah," katanya.

Hughes, yang bidang studinya meliputi astronomi, meteor, planet dan Bulan, mengatakan ia pertama kali menemukan kesalahan tersebut pada Oxford English Dictionary tahun lalu.

Ia mengatakan wanita jurubicara bagi Oxford English Dictionary telah memberitahu dia bahwa ia adalah orang pertama yang mempertanyakan definisi siphon, yang berasal dari 1911 dan telah ditulis oleh para redaktur yang bukan ilmuwan.

Namun wanita jurubicara itu mengatakan pendapatnya akan diperhatikan saat mereka memperbarui seluruh buku rujukan yang, menurut jejaring kamus tersebut, sekarang memasuki huruf R.

"Saya berfikir, 'Ya Tuhan, tepat pada waktunya', karena S adalah yang berikutnya," kata Hughes.

Siphon adalah tabung --yang seringkali berbentuk 'u' atau 'v'-- yang digunakan untuk memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lain. Siphon biasanya digunakan untuk mengeringkan bak ikan atau tangki bahan bakar.

No comments:

Post a Comment