Sunday, October 3, 2010

temen2 kalian ingin belajar fisika dengan benar , mudah memahami materi ??

ini adalah pengalaman oleh guru muda fisika
oleh bapak alexander san lohat

Saya akan tunjukkan kepada anda bagaimana belajar fisika dengan cara yang benar, mudah dan sangat menarik!

Dulu saya juga tidak jauh berbeda dengan anda!

Dulu waktu masih sekolah saya tidak jauh berbeda dengan anda... Saya benci fisika! Waktu itu saya pikir tidak ada gunanya belajar fisika, hanya habiskan waktu saja... fisika hanya penuh dengan rumus-rumus yang tidak ada gunanya. Rumusnya numpuk! Tapi mau bagaimana ? kalau tidak belajar fisika maka tidak bisa masuk jurusan IPA. Masuk jurusan IPA tapi kalau fisika pas-pasan maka siap untuk tidak lulus UN! Kalau tidak masuk jurusan IPA berarti nanti susah kuliah di jurusan yang bagus dan susah dapat kerja! Daripada masa depan suram, mau tidak mau harus belajar fisika...

Cara saya belajar fisika waktu itu adalah dengan menghafal rumus. Yang ada dalam pikiran saya adalah fisika itu penuh rumus yang mau tidak mau harus dihafal. Belajar fisika sama dengan menghafal rumus dan latihan soal hitungan! Anda bisa bayangkan, ada berapa rumus dalam buku fisika sekolah menengah ? Belum lagi lupa dengan rumus yang dihafal. Sialnya, banyak rumus fisika yang dihafal tidak pernah saya pahami maksudnya apa. Rumus dihafal supaya bisa menyelesaikan soal hitungan... Tetapi ketika ada soal hitungan yang membutuhkan analisa, saya macet di situ! Tidak bisa diselesaikan! mengapa ? karena saya hafal rumus tetapi tidak pernah mengerti apa maksud rumus itu! Apakah anda juga demikian ?

Apa yang terjadi kemudian...

Setelah tamat SMA saya memilih untuk kuliah menjadi guru fisika. Saya memilih jurusan pendidikan fisika bukan karena saya menyukai fisika... Pikiran saya waktu itu, setelah selesai kuliah saya bisa langsung dapat kerja, apalagi sekarang cari kerja susah. Tinggal pulang kampung jadi PNS... urusan kampung tengah aman dan terjamin. he2... Anda tahu apa kesulitan terbesar ketika pertama kali kuliah ? Saya tidak bisa mengikuti pelajaran fisika dengan baik! Fisika tidak dipelajari dengan baik dan benar ketika masih SMA sehingga sangat berpengaruh ketika kuliah. Kalau dasarnya rapuh maka selanjutnya juga pasti rapuh! kalau dasarnya bagus maka selanjutnya juga bagus!

Akhirnya...

Saya tertarik untuk belajar fisika secara mandiri. Saya mencari buku-buku fisika yang massanya sekitar 4 kg dan mulai berkenalan dengan fisika yang sesungguhnya... Apakah benar fisika itu hanya penuh dengan rumus-rumus yang harus dihafal ? Apakah benar fisika itu tidak ada gunanya ? Apakah benar fisika itu sulit ? Apakah belajar fisika dengan cara mengahafal rumus adalah cara belajar fisika yang benar ? Apakah benar fisika itu tidak menarik ? Apakah benar fisika itu pelajarannya orang-orang "jenius" saja sedangkan orang yang "bodoh" tidak ? apakah benar fisika adalah pelajaran yang abstrak dan jauh dari kehidupan sehari-hari ?

Ternyata saya sangat keliru!! Fisika yang sesunguhnya sangat menarik dan mempesona, tidak seperti yang saya bayangkan selama ini. Ternyata fisika begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ternyata saya yang biasa-biasa saja bisa menaklukkan fisika. Apakah anda merasa diri anda tidak mampu dan kesulitan dalam belajar fisika ? Dulu saya tidak jauh berbeda dengan anda... karena dulu saya tidak jauh berbeda dengan anda maka saya tahu apa kesulitan anda dalam belajar fisika, karenanya tulisan saya di gurumuda.com mudah anda pahami.

Lalu apa yang keliru selama ini ?

Cara belajar fisika yang keliru!

Fisika bukan pelajaran yang abstrak dan jauh dari kehidupan sehari-hari. Fisika ada di sekitar anda dan saya! Coba anda tatap pohon atau bunga yang ada di sekitar rumah anda... mengapa daun berwarna hijau ? ketika anda mencari tahu mengapa daun berwarna hijau maka anda sudah sedang belajar fisika! mengapa setelah anda duduk di atas bangku kayu, permukaan bangku menjadi hangat ? mengapa kabel listrik atau telepon biasanya melengkung ke bawah, mengapa tidak melengkung ke atas ? mengapa pagi atau sore hari terasa sejuk sedangkan siang hari terasa panas ? Mengapa anda sulit menggerakkan sepeda yang pada mulanya masih diam dibandingkan ketika sudah mulai jalan ? mengapa gerak mobil menjadi lambat ketika sedang mendaki jalan yang menanjak ? mengapa landasan pacu pesawat yang berukuran besar lebih panjang daripada landasan pacu pesawat yang ukurannya kecil ? mengapa tanggul situ ginting kemarin bisa jebol setelah ada tambahan air hujan ? Apakah anda kebingungan menjawab pertanyaan ini ? Jika jawaban anda adalah "ya", maka ada satu sisi lain dari fisika yang belum anda pahami!

Fisika bukan pelajaran yang hanya penuh dengan rumus-rumus untuk dihafal!

Belajar fisika bukan dengan cara menghafal rumus-rumus tapi tidak pernah mengerti apa maksud dari rumus itu. Rumus fisika punya makna, ada cerita di balik rumus itu. Bukan sekedar rumus tanpa makna yang harus dihafal untuk menyelesaikan soal hitungan... Lalu apa cerita dibalik rumus itu ?

KONSEP!

Konsep, gagasan, ide... Ilmu fisika dibangun dari ide-ide mendasar alias gagasan-gagasan alias konsep-konsep... mari kita bahas salah satu konsep paling dasar.

Anda pernah belajar tentang Gerak Lurus Beraturan alias GLB ? Apa yang anda ketahui tentang GLB ? ketika disebutkan kata GLB, mungkin anda langsung ingat rumus v = s/t. Ketika diberikan soal GLB, anda langsung mencocokan besaran yang diketahui, lalu memasukan ke dalam rumus untuk diperoleh penyelesaiannya... Ada juga yang menggunakan metode segitiga s v t segala. Btw, apa sebenarnya GLB dan mengapa anda belajar GLB ? Apakah belajar GLB hanya untuk menyelesaikan soal yang membutuhkan rumus v = s/t ?

Tujuan lain anda belajar GLB adalah anda paham konsep kecepatan konstan! walaupun anda sudah mahir menyelesaikan soal hitungan menggunakan rumus v = s/t tetapi jika anda belum memahami konsep kecepatan konstan maka anda belum belajar GLB! Ok, seandainya anda sudah pernah belajar GLB... apakah anda setuju atau tidak dengan pernyataan saya berikut : suatu benda dikatakan bergerak dengan kecepatan konstan jika benda tersebut bergerak lurus dengan laju konstan. Benar atau salah pernyataan ini ? Penyataan ini salah! anda setuju kalau pernyataan ini salah ? berarti anda belum paham konsep kecepatan konstan. He2... pernyataan di atas benar. Gerak lurus beraturan = gerak dengan kecepatan konstan = gerak lurus dengan laju konstan...

Anda bingung ? Kalau anda bingung, baca terus!

Konsep fisika itu saling kait mengait. Konsep fisika itu saling berhubungan!

Konsep dasar perlu anda kuasai dengan baik dan benar sebelum menyelam lebih dalam, jika tidak anda akan kebingunan nantinya... salah satu faktor penting yang membuat fisika terasa sulit adalah anda belum paham konsep dasar dengan baik dan benar sehingga anda tidak nyambung dengan pelajaran selanjutnya! Misalnya kalau anda belum paham konsepkecepatan konstan dan konsep percepatan maka anda tidak bisa paham hukum newton dengan baik dan benar. Jika anda belum paham hukum newton dengan baik dan benar maka anda tidak akan paham gaya sentrifugal.

Saya tidak bisa menjelaskan kepada anda apa itu gaya sentrifugal jika anda belum paham kerangka acuan inersia dan kerangka acuan noninersia (tidak perlu bingung, istilahnya tinggi tapi sebenarnya sederhana saja). Saya tidak bisa menjelaskan kepada anda apa itu kerangka acuan inersia dan kerangka acuan non inersia kalau anda belum paham hukum Newton dengan baik dan benar... Anda tidak bisa paham hukum newton dengan baik dan benar jika anda belum paham konsep kecepatan konstan dan konsep percepatan! Jadi konsep fisika itu saling kait mengait atau saling berhubungan! Contoh yang saya jelaskan ini hanya salah satu saja... Masih sangat banyak contoh lain...

Apakah konsep itu penting ?

Anda bertanya lagi apakah konsep itu penting ? Konsep itu tidak penting tetapi sangat penting! Karena sangat penting maka anda harus memahami konsep dengan baik dan benar! Banyak sekali manfaat yang anda peroleh setelah memahami konsep. Berikut ini beberapa manfaat yang anda peroleh :

1. Jika anda sudah memahami konsep, anda akan menemukan ternyata fisika jauh lebih mudah jika anda menguasai konsep terlebih dahulu, daripada anda hanya menghafal rumus tanpa mengerti konsep.

2. Jika anda sudah memahami konsep maka banyak soal hitungan yang menurut anda sulit, bisa diobok-obok dengan mudah dan menyenangkan!... serius, saya tidak menipu anda!

3. Jika anda sudah memahami konsep maka pertanyaan yang banyak sebelumnya bisa anda jawab dengan mudah... misalnya mengapa tanggul situ ginting kemarin bisa jebol setelah ada tambahan air hujan ? pertanyaan ini tidak bisa diselesaikan menggunakan rumus :)

4. Jika anda sudah memahami konsep maka anda punya pengetahuan dasar yang sangat bagus ketika anda melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi... Dasar yang kokoh menentukan kelanjutannya! Kalau dasarnya rapuh maka selanjutnya juga pasti rapuh! Anda ingin masa depan yang cerah khan ?

5. Konsep itu tidak bisa dihafal! Konsep hanya bisa dipahami... untuk memahami konsep anda perlu berpikir. Jika anda sudah terbiasa berpikir maka banyak soal yang sebelumnya terasa sulit menjadi begitu mudah! Berbeda dengan menghafal... Kalau anda belajar dengan menghafal, anda tidak berlatih untuk berpikir... Karena anda tidak terbiasa berpikir maka banyak soal yang mudah terasa sangat sulit!

Lalu bagaimana caranya agar bisa memahami konsep ?

Agar memahami konsep maka syarat pertama adalah anda perlu menguasai materi. Konsep itu terselubung dibalik setiap materi fisika yang anda pelajari. Anda harus belajar dengan super tekun! kerja keras dan jangan mudah menyerah! Tidak ada cara lain, cuma itu saja caranya jika anda ingin belajar sendiri. Apalagi untuk memahami keterkaitan antara setiap konsep, butuh ketekunan tingkat tinggi! Anda juga jangan mudah menyerah ketika belajar! Anda bisa?

No comments:

Post a Comment