Friday, October 22, 2010

Kenapa Harus Fisika? Einstein Aja Gak Tau!(Anomali Air Kenapa Terjadi?)

Kenapa meski fisika? begitulah mungkin istilah yang cocok. ketika semakin mengerti malah menjadi semakin banyak yang tidak kumengerti. Aneh memang, selalu ada pendekatan?kemudian pengabaian dalam setiap kondisi, ada anomaly air, efek zeeman dll.

Kenapa ada anomali air, dimana pada keadaan ini terjadi pada saat air dipanaskan pada suhu +4º Celcius. Ternyata air tidak memuai. Sebaliknya, air tersebut menyusut. Demikian juga pada saat air didinginkan pada suhu -4º Celcius, sebaliknya dari menyusut, eh.. dia malah mengembang mengapa ini bisa terjadi? air memiliki volume molar terendah pada 3.984°C, cairan biasa jika didinginkan akan mengerut terus, tapi air setelah sktr 4°C akan memuai lagi….sifat anomali inilah yang menyelamatkan ikan-ikan di danau di daerah 4 musim ketika musim dingin, dengan anomali air ini, es akan mengapung di atas danau, dan air di bawah es akan terjaga sekitar 4°C karena air pada suhu tersebut memiliki massa jenis terbesar, sehingga selama musim dingin ikan-ikan tidak mati kedinginan….

Ada lagi Anomali Efek Zeeman, yaitu garis-garis spektrum atom hidrogen ternyata terdiri dari garis-garis yang lebih halus (disebut fine structure), padahal satu garis mewakili satu keadaan energi, berarti model atom Bohr yang sudah teruji itu c…anomali ini tidak lagi menjadi anomali setelah diusulkan konsep spin yang memungkinkan satu keadaan energi Bohr pecah menjadi keadaan energi dengan selisih yang sedikit,

anomali lain? mungkin seperti sifat superkonduktifitas suatu material. Tapi kajian fisika selalu memberikan rasa syukur padaNya..

No comments:

Post a Comment