Sunday, October 31, 2010

3 WAY CONFERENCE


 

Foto : kiri atas (Kenza Grd 1), kanan atas (Rich Grd 1), kiri bawah (Geraldo Grd 5), kanan bawah (Jason Grd 4)

Pada tanggal 24 & 27 Sept 2010 telah dilaksanakan suatu program pendidikan yang baru pertama kali diadakan di SCK Manado, program tersebut adalah “3 WAY CONFERENCE”. 

Karena program ini baru dan pertama di Manado maka banyak orang tua penasaran dan bertanya-tanya apa sih 3 way conference itu. Dan setelah selesai mengikuti program tersebut respon yang muncul adalah positif dan sangat mendukung program ini dilaksanakan di kemudian hari. 3 way conference adalah program dimana guru, orang tua dan student duduk bersama selama lebih kurang 30 menit kemudian student tersebut mempresentasikan hasil pembelajarannya selama 1 term (3 bulan) Jul—Sep 2010.  Hasil pembelajaran students selama periode ini berupa worksheets, crafts dan projects dari semua bidang studi.  Projects tersebut kemudian ditempelkan di dalam kelas dan worksheets di taruh folder portfolio. Dalam program ini yang menjadi special juga adalah student melatih communications skills nya disaat mengadakan presentasi di depan orang tua dan guru (walaupun masih ada yang malu-malu).



Ket foto: 1. Matthew K1, 2. Frea N1, 3. Chelsea N2, 4. Tania K2, 5. Avril K1, 6. Syallom K2.

 

Berhasilnya suatu tujuan proses pembelajaran ditentukan oleh banyak factor.  Sebab proses pembelajaran tidak hanya berlangsung di sekolah tetapi juga dirumah, lingkungan sekitar atau dimana saja anak tersebut berada. Oleh sebab itu diperlukan kerja sama antara siswa, orang tua dan guru. Karena tanpa kerja sama dari ketiga pihak tersebut maka mustahil, tujuan dari proses pembelajaran itu dapat tercapai.

 

Melalui 3 way conference guru, orang tua dan siswa bekerja sama dalam menentukan tujuan dan target pembelajaran anak, hasil tersebut bisa diketahui dari proses pembelajaran selama 3 bulan (term 1 AY 2010-2011) yang telah dilalui. 

Kemudian dari semua hasil pembelajaran anak didik, bisa diketahui dimana kelebihan dan kekurangan siswa tersebut.

Maka pada saat itulah orang tua, guru dan student membuat suatu strategi/langkah-langkah yang disepakati bersama untuk dilakukan supaya siswa bisa mengatasi semua kelemahannya serta miningkatkan semua kelebihan/skill yang ada pada diri mereka masing-masing.

 

 


No comments:

Post a Comment