Thursday, October 7, 2010

Mengapa pada malam hari suara terdengar lebih jelas, sedangkan siang tidak


Pernah bertanya demikian ? Misalnya rumah saya jauh dari jalan raya. Siang hari biasanya saya tidak bisa mendengar bunyi kendaraan yang lewat di jalan raya, tapi anehnya malam hari saya bisa mendengar suara kendaraan ?

Pernah mengalami hal yang sama ? mengapa bisa demikian ?


menurutku :

Ada beberapa faktor yang mungkin berpengaruh. Sudut pandang yang penting salah satunya dari sifat indra pendengar itu sendiri, yaitu telinga.

Dalam proses mendengar, menurut saya hukum relativitas berlaku pada telinga. Relativitas disini bukan relativitas massa atau relativitas waktu yang diungkapkan oleh Enstein, melainkan relativitas bunyi yang didengar terhadap bunyi2an lain yang tidak ingin didengar (noise).

Pada malam hari terdapat relatif lebih sedikit aktivitas dibandingkan pada siang hari sehingga noise menjadi lebih sedikit, sehingga suara yang didengar pada malam hari relatif terdengar lebih keras dibandingkan pada malam hari.

Oleh karena telinga mendengar lebih sedikit noise pada malam hari dibandingkan pada siang hari, bunyi pada malam hari walaupun lebih pelan akan terasa terdengar lebih keras dibandingkan pada siang hari.


kalo menurut kalian gimana teman - teman ?

No comments:

Post a Comment