Wednesday, November 2, 2011

Pameran Komputer Indocomtech Mulai Hari Ini

Pengunjung memadati pameran Indocomtech 2011 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO Interaktif
, Jakarta - Pameran komputer terbesar di Indonesia, Indocomtech, resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Basuki Yusuf Iskandar.

"Pasar komputer di Indonesia adalah pasar yang luar biasa," kata Basuki saat membuka pameran di Jakarta Convention Centre, Rabu, 2 November 2011.

Menurut Basuki, pengguna komputer di Indonesia adalah anak-anak muda, artinya kata dia, pasar komputer ini adalah future market. "Ini pasar yang potensial," ujarnya.

Saat ini, kata Basuki, penjualan komputer di Indonesia mencapai kisaran 5 juta unit. Itu belum memperhitungkan penjualan komputer bekas, yang bisa saja membuat penjualan komputer melampaui 5 juta unit.

Ketua Yayasan Apkomindo Indonesia, Hidayat Tjkrodjojo, mengatakan perkembangan pasar komputer di Indonesia menunjukkan gejala yang menarik.

"Penjualan desktop menurun, sedangkan yang bentuknya mobile, seperti laptop, menunjukkan kenaikan," kata Hidayat saat menyampaikan sambutan.

Bahkan Hidayat mengatakan apabila perusahaan manufaktur masih terpaku pada pembuatan komputer yang besar, yang tidak bisa dibawa ke mana-mana, maka perusahaan tersebut tinggal menunggu kebangkrutannya. "Mungkin sekarang dikasih desktop saja enggak mau karena makan listrik yang besar," katanya.

Pameran komputer Indocomtech ini berlangsung dari tanggal 2-6 November. Buka dari pukul 10.00-21.00, pameran ini diikuti oleh 12 vendor, 5 operator, dan 250 peserta pameran. Ditargetkan akan mendatangkan 220 ribu pengunjung naik dari pengunjung tahun lalu 200.567 pengunjung.(IQBAL MUHTAROM)



TEMPOInteraktif

No comments:

Post a Comment