Sunday, November 21, 2010

matematika alami menggunakan jaritmatika

Apa Keuntungannya bagi Pendidikan di Indonesia?:

a. Makin banyak siswa di Indonesia (bahkan jika perlu di seluruh dunia) yang mengetahui/mengenal (dan memahami) rahasia hasil perkalian bilangan dua angka berbentuk ps X 9,dalam kondisi ps X 9, p: angka puluhan, s : angka satuan:

i). Jumlah semua bilangan pada angka ratusan, angka puluhan, dan pada angka satuan adalah 9

ii). Sembilan jari-jari tegak terpisah menjadi tiga bagian.

b. Makin banyak siswa di Indonesia (bahkan jika perlu di seluruh dunia) yang termotivasi (TIDAK LAGI TAKUT TERHADAP MATEMATIKA), tetapi mereka ingin mempelajari pola operasi bilangan lainnya yang memiliki ciri khusus, dan secara umum akan makin ingin mempelajari matematika, karena makin tahu bahwa MATEMATIKA ITU INDAH, MUDAH, DAN MENYENANGKAN

MATEMATIKA MUDAH, INDAH, DAN MENYENANGKAN MELALUI URUTAN OPERASI/KEGIATAN TERTENTU

1. KODE N – U (Sumilih, Guntur. 2007, halaman 17)

Prosedur untuk Mengoperasikannya:

Beri kesempatan siswa/ siapa pun yang bersua dengan kita, untuk melakukan kegiatan berikut, secara berurutan:

Uraian Tempat Mengerjakan
a. Tulislah Nomor rumah Anda a.
b. Kalikan dengan 2 b.
c. Tambahlah dengan 5 c.
d. Kalikan dengan 50 d.
e. Tambahlah bilangan banyak hari pada tahun Kabisat e.
f. Tambahlah dengan Usia Anda f.
g. Kurangilah dengan BILANGAN PALIN-DROMIK 616 (bilangan yang nilainya tetap sama jika ditulis dari arah kiri, maupun dari kanan) g.
h. Tulislah hasil akhir Anda h.
i. Apa yang dapat Anda simpulkan? i.

Mengapa Perlu Dikenalkan?:

  1. Untuk menunjukkan bahwa, dengan menggunakan operasi matematika tertentu, seseorang dapat mengetahui Nomor,rumah, dan Usia orang lain yang diminta melakukan operasi tertentu itu

Bagaimana Caranya?:

  1. Beri kesempatan seseorang untuk melengkapi kolom kanan dari tabel di atas, dan kemudian mau dengan jujur mengatakan hasil akhir yang ditemukannya.
  2. Segera, beberapa detik setelah seseorang tadi mengatakan hasil akhirnya, saya dapat menebak Nomor rumah, dan Usia orang itu.

Apa Keuntungannya bagi Pendidikan di Indonesia?:

a. Makin banyak siswa di Indonesia (bahkan jika perlu di seluruh dunia) yang mengetahui/mengenal (dan memahami) rahasia hasil urutan operasi ajaib yang dapat digunakan untuk menerka Nomor rumah dan Usia seseorang:

i). Bilangan dua angka terakhir, merupakan Usia orang yang kita temui, yang telah mau mengoperasi- kan kegiatan pada Lembar Kerja yang disiapkan.

ii). Bilangan beberapa angka di depan, merupakan Nomor rumah orang itu.

b. Makin banyak siswa di Indonesia (bahkan jika perlu di seluruh dunia) yang termotivasi (TIDAK LAGI TAKUT TERHADAP MATEMATIKA), tetapi mereka ingin mempelajari pola urutan operasi ajaib tertentu lainnya yang dapat digunakan untukmenerka sesuatu milik seseorang, dan secara umum akan makin ingin mempelajari matematika, karena makin tahu bahwa MATEMATIKA ITU INDAH, MUDAH, DAN MENYENANGKAN

2, RAHASIA T-B (Sumilih, Guntur. 2007, halaman 19)

Prosedur untuk Mengoperasikan:

Beri kesempatan siswa/ siapa pun yang bersua dengan kita, untuk melakukan kegiatan berikut, secara berurutan:

Uraian Tempat Mengerjakan
a. Tulislah Tanggal. dan Bulan lahir Anda dalam bentuk 4 (empat angka) a.
b. Tambah dengan 17 b.
c. Kalikan 3 c.
d. Tambah dengan 49 d.
e. Kurangi dengan bilangan pada langkah a. e.
f. Kurangi dengan 80 f.
g. Tulislah hasil akhir Anda g.
h. Apa yang dapat Anda simpulkan? h.

Mengapa Perlu Dikenalkan?:

  1. Untuk menunjukkan bahwa, dengan menggunakan operasi matematika tertentu, seseorang dapat mengetahui Tanggal, dan Bulan lahir seseorang yang diminta melakukan operasi tertentu itu

Bagaimana Caranya?:

  1. Beri kesempatan siswa/seseorang untuk melengkapi kolom kanan dari tabel di atas,
  1. Kemudian, siswa/seseorang itu mau dengan jujur mengatakan hasil akhir yang ditemukannya.
  2. Segera, beberapa detik setelah seseorang tadi mengatakan hasil akhirnya, saya dapat menebak Tanggal, dan Bulan lahir orang yang mau melakukan urutan operasi, dan dengan jujur mengatakan hasil akhirnya.

Apa Keuntungannya bagi Pendidikan di Indonesia?:

a. Makin banyak siswa di Indonesia (bahkan jika perlu di seluruh dunia) yang mengetahui/mengenal (dan memahami) rahasia hasil urutan operasi ajaib yang dapat digunakan untuk menerka Tanggal dan Bulan lahir seseorang:

i). Kurangilah bilangan hasil akhir yang dikatakan, dengan 20.

ii). Bagilah bilangan yang tersisa dengan 2

iii). Bilangan hasil pada langkah ii). merupakan kode TANGGAL, dan kode BULAN siswa/orang yang kita temui.

b. Makin banyak siswa di Indonesia (bahkan jika perlu di seluruh dunia) yang termotivasi (TIDAK LAGI TAKUT TERHADAP MATEMATIKA), tetapi mereka ingin mempelajari pola urutan kegiatan/operasi tertentu lainnya yang dapat digunakan untuk menerka TANGGAL, dan BULAN lahir seseorang, dan secara umum akan makin ingin mempelajari matematika, karena makin tahu bahwa MATEMATIKA ITU INDAH, MUDAH, DAN MENYENANGKAN.

PENUTUP

Demikian, MATEMATIKA ITU MUDAH, INDAH, DAN MENYENANGKAN, yang diulas saat ini, semoga dapat ketemu lagi dengan bahasan lain yang lebih menarik. Insya ALLAH.

No comments:

Post a Comment