Wednesday, July 27, 2011

Eric Schmidt ke Indonesia, Ngapain Aja?

Eric Schmidt (Executive Chairman Google) datang ke Indonesia (Jakarta dan Bali) untuk berinvestasi dan menjadi pembicara di Asean Regional Entrepreneurship Summit (RES).

Eric Schmidt di JakartaEric schmidt Executive Chairman Google

Eric Schmidt menemui Wakil Presiden Indonesia Boediono di Jakarta untuk membahas kerjasama Google dengan Indonesia, setelah pertemuan selesai ia mengatakan bahwa rencana investasi Google di Indonesia akan difokuskan ke Usaha kecil dan menengah (UKM).
Ketika kami (Google) berinvestasi ke suatu negara kami punya program untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Kami memiliki program marketing, pendidikan dan seminar. Ada 50 juta UKM di Indonesia meski saya tidak yakin angka pastinya dan merekalah yang akan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di masa depan.
Saat ditanya kapan tepatnya Google akan berinvestasi di Indonesia, Schmidt berujar bahwa ada hal lain yang perlu didiskusikan dengan pemerintah terutama Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelum Google benar-benar masuk ke Indonesia.
Namun juru bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat berujar bahwa Google berharap investasi dapat dilakukan di tahun 2012.

Eric Schmidt di Bali

Setelah dari Jakarta, Eric Schmidt kemudian menuju ke Bali untuk menjadi pembicara dalam acara Asean Regional Entrepreneurship Summit (RES) yang juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.
Eric Schmidt at Regional Entrepreneur Summit Bali
Eric Schmidt menjadi pembicara di Regional Entrepreneur Summit Bali
Dalam pidatonya Schmidt mengatakan meskipun penetrasi internet hanya 18 persen, namun Indonesia sudah menjadi salah satu pengguna sosial media terbesar yg ditandai dengan banyaknya pengguna Facebook dan Twitter berasal dari Indonesia. Dan ia percaya Indonesia memiliki peluang pasar yang besar dan sudah mengantisipasi ledakan pengguna internet.
Ia juga menggambarkan kemiripan negara Indonesia dengan Amerika Serikat: pasar yang homogen, populasi penduduk besar dan saling terhubung satu sama lain. Tak lupa ia menunjuk kewirausahaan yang terus tumbuh di Indonesia yang ditandai dengan banyak usaha baru (start-up)  didirikan dalam beberapa tahun terakhir.
Eric Schmidt mengakhiri pidatonya dengan mengatakan “Asia is the future, not the U.S.” (Asia merupakan masa depan, bukan Amerika Serikat).

Kesimpulan

Bila melihat model bisnis Google yang mayoritas pendapatannya adalah berasal dari advertising, sudah pasti investasi Google akan menfokuskan pada layanan Adword dan Adsense.
Ini membuat kehadiran Adsense di blog berbahasa Indonesia  memang benar-benar segera terealisasi, dan merupakan berita baik buat para blogger dan publisher website berbahasa Indonesia.

No comments:

Post a Comment