Wednesday, August 18, 2010

Septi Peni Wulandari, si Penemu Jarimatika

Pelajaran matematika mungkin bukan pelajaran favorit anda atau anak anda. Bahkan banyak yang menganggap pelajaran berhitung ini sebagai momok. Maklumlah, ilmu pasti ini kadang membuat kepala pusing tujuh keliling.

Namun di tangan Septi Peni Wulandani, ibu rumah tangga asal Salatiga, Jawa Tengah, matematika menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Septi menemukan metode yang diberi nama jarimatika atau berhitung dengan jari-jemari.

Metode ini terbukti jitu. Anak-anak Septi begitu menikmati belajar jarimatika. Ara, kelas lima sekolah dasar ini selalu menempati peringkat satu dan pelajaran favoritnya adalah matematika. Si bungsu Elan yang baru tiga tahun juga mampu berhitung penambahan dan pengurangan sederhana.

Berawal dari rumah, sekarang Septi telah membukukan jarimatika. Tak jarang pula dia diundang untuk mendemonstrasikan metode ini. Popularitas jaritmatika semakin berkembang dan makin banyak yang mengakui efektivitasnya.

Kini ada hampir 50 lembaga di Jawa mengadopsi metode jarimatika. Septi, lulusan Universitas Diponegoro ini, mengatakan, hanya ingin membuktikan predikat ibu rumah tangga yang disandangnya bukan berarti tidak dapat menjadi orang yang produktif.

Sosok Septi tentu dibutuhkan Indonesia dan harus menggali ide kreatif dan telaten. Apalagi bangsa ini terbukti berbakat dalam bidang matematika. Tahun 2007, empat siswa mendulang medali emas dan perunggu dalam kompetisi matematika tingkat internasional. Ini adalah bukti semuanya dapat dilakukan jika ada kemauan.

No comments:

Post a Comment