Friday, June 10, 2011

Seribu Bagan di Pulau Kabung



Pulau Kabung adalah sebuah pulaau kecil di perairan Kalimantan Barat. Pulau ini di kenal sebagai ‘’Pulau Seribu Bagan” yang menghasilkan beron-ton ikan teri.

Teluk Suak 
Untuk  ke Pulau Kabung, kita bias naik perahu dari Teluk Suak. Teluk Suak terletak sekitar 70 kilometer dari Pontianak kea rah Singkawang. Hanya 2 perahu yang melayani penduduk Pulau Kabung. Setiap perahu hanya berlayar satu kali dalam sehari . Pagi, berangkat jam 06.00 dari dermaga Pulau Kabung ke Teluk Suak. Siang, berangkat jam 12.00 dari Teluk  Suak ke Pulau Kabung.

Seribu Bagan
        Pulau Kabung terletak di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang. Pulau ini mendapat julukan ‘’Pulau Seribu Bagan” karena jumlah bagan di sini banyak sekali. Bagan adalah bangunan berupa tiang-tiang, tempat nelayan mencari ikan dengan jarring yang bias di angkat . Bagan-bagan ini di dirikan di atas karang. Tiang bagan di buat dari kayu nibung (sejenis lontar) dengan tinggi 18 meter lebih. Di atas bagan, ada pondok mungil beratap daun nipah. Bila terkena ombak, tiang-tiang bagan  akan bergoyang-goyang.

Di atas bagan, kita bias mencoba menurunkan jarring ke dalam laut. Sambil menunggu ikan berkumpulan di dalam jarring, kita bias ,elihat ikan-ikan berenang-renang  di terumbu karang.. Bila  di bawah bagan aa anemone, kemungkinan kita dapat menemukan si ’’nemo” sedang bermain-main di sini. Soalnya, si nemo ikan badut ini selalu berteman dengan anemone.
          Di atas bagan, kita juga bias menikmati pemandangan indah pulau-pulau tetangga Pulau Kabung, seperti Pulau Lemukutan, Pulau Randayan, dan Pulau Tempurung. Di sore hari, kita bias menyaksikan Matahari tenggelam di Laut Cina Selatan.

Kampung Sunyi
          Pada malam hari, semua rumah di Pulau Kabung gelap gulita. Satu-satunya cahaya listrik  hanya ada di Masjid. Sumber listrik berasal dari tenaga listrik kincir angin. Sebuah kabel di salurkan untuk men-charge-Hp ramai-ramai.
          Pada hari-hari biasa, Pulau Kabung tampak sangaat sepi. Namun, pada saat musim teri atau  saat musim panen cengkeh tiba, pulau ini akan rama. Banyak penduduk pulang kampong untuk mengurus bagan dan kebun cengkehnya.
          Saat musim teri dan musim cengkeh usai Pulau Kabung kembali sepi. Seperti kampong yang sedang berkabung!

No comments:

Post a Comment