Friday, May 27, 2011

Tentang Nama

Nama paling cantik dan indah di dunia ini adalah .... nama saya :D
Sungguh, tidak bermaksud narsis (sedikit sih). Tapi, berapa banyak orang yang mempunyai nama panjang kemudian huruf depan nama panjangnya dijadikan nama panggilan yang cantik dan membumi sampai dia mati.

Anggalina Fajar Ismianti, nama yang diberikan bapak ibu kepada saya. Artinya? Anggalina; menurut ibu saya, nama anggalina diambil karena .... (rahasia) hehe; Fajar, lahir pagi hari, paas banget sebelum subuh; Ismianti, kata ibu itu artinya nama ibunya Anti (Ibu saya bernama Irianti). Pinternya bapak ibu, sejak kecil sampai sekarang saya dipanggil Afi. Singkat dan cantik.

Sejujurnya ketika kecil, saya sangat membenci Afi. Terderang wanitaaa banget, kurang kerenn, kurang machgoo *halah*. Lebih keren dipanggil Fajar. Sayang protes saya tidak membuahkan hasil. Afi jauh lebih susah dikalahkan oleh Fajar :D

Walaupun bernama cantik, ada tidak enaknya juga. Misal ketika nama depan saya disebut oleh orang yang baru mengenal saya atau guru-guru di sekolah dengan sebutan Angelina (baca:enjelina) wueeeeeeeekkkkkks. Suebeeeelnya bukan main. Jelas-jelas tertulis ANGGALINA. Kok ya dipleset-plesetkan. Sudah sangat jelas kalau Anggalina jauh lebih cantik dari Angelina. :D

Namun, saking familiarnya Afi, orang-orang disekitar saya jarang ada yg mengetahui nama lengkap saya. Sebutlah tetangga rumah, bahkan keluarga. Uniknya, sudah terlampau sering terjadi penafsiran bahwa Afi dan Anggalina adalah dua orang yang berbeda. Jadi, untuk urusan santai panggillah Afi, tapi untuk urusan serius-serius sebut saja Anggalina.

Apapun itu, nama adalah sesuatu hal yang akan dibawa sampai mati. Memberi nama ternyata susah (saya mengalaminya ketika hendak memberi nama anak pertama). Nama cantik dan indah akan memberi kepercayaan diri kepada empunya nama. Apalagi jika artinya mengandung doa dan makna yg baik, nama bisa menjadi pengingat empunya nama. Mari persiapan nama yang bermakna baik dan indah untuk anak-anak kita kelak. ;)

*sudah mengumpulkan nama-nama untuk adiknya Aya, insya Allah

No comments:

Post a Comment