Thursday, February 25, 2010

Tujuh Bank Lokal Kerjasama Dengan Paypal


Referensi 
 
jhon penta, Friday, 18 April 2008 12:55
Warga negeri ini akan lebih mudah bertransaksi di dunia maya. Paypal, penyedia sistim transaksi internet yang terkemuka, resmi memberikan layanan untuk nasabah di Indonesia. Pada awal tahun 2008, mereka yang ingin bertransaksi di internet, seperti berbelanja, bisa membuka account di situs resmi Paypal, yaitu http://www.paypal.com.

Untuk mereka yang tak terbiasa bertransaksi di internet, Paypal merupakan anak perusahaan situs lelang terkenal, Ebay. Bisnis utama Paypal menyediakan jaringan transaksi di internet. Paypal tidak menyediakan jaringan pembayaran, melainkan jasa pengamanan untuk melakukan transaksi. Mereka yang bertransaksi di internet melalui fasilitas Paypal, tetap harus mempunyai kartu kredit atau debit. Paypal menerima tiga jaringan pembayaran internasional, yaitu Visa Internasional, Mastercard, dan Discover. Untuk melayani warga Indonesia yang ingin bertransaksi di dunia maya, Paypal bekerjasama dengan enam bank penerbit kartu kredit di Indonesia, yaitu HSBC, Citibank, BCA, Bank Mandiri, BRI dan BNI. Selain menggandeng enam bank penerbit kartu kredit tersebut, Paypal juga bekerjasama dengan satu bank lokal penerbit kartu debit, Bank Niaga. "Saat ini masih dalam tahap uji coba," kata Kepala Biro Pengembangan Perbankan Elektronik BCA Budi Hartono, kemarin.

Para pemilik kartu kredit dari keenam bank itu ataupun kartu debit Bank Niaga kini bisa menikmati berbagai anggota fasilitas sebagai anggota Paypal. Privilese itu misalnya melakukan transaksi jual beli, membeli lisensi software original, membayar keanggotan situs internet, mengirim dan menerima donasi atau sumbangan, dan mengirim uang ke anggota PayPal lainnya.

Saat ini, memang belum banyak pengguna internet di Indonesia yang akrab dengan fasilitas Paypal. "Nilai transaksinya masih kecil, belum ada detailnya sehingga belum bisa dideteksi," kata Budi.

Perkembangannya tergantung teknologi

Kendati demikian, ketujuh bank itu antusias menjalin kerjasama karena melihat potensi sistem Paypal. Di masa depan, fasilitas Paypal akan semakin populer. "Potensi pasar yang disediakan tidak terbatas hanya lokal semata," kata Country Marketing Director Citibank Rico Hans, kemarin.

Di saat penipuan dan pemalsuan kartu kredit merebak, terutama di dunia internet, tentu layanan keamanan yang dari Paypal bakal laku. Pasalnya, dengan menjadi anggota Paypal, mereka yang ingin bertransaksi di dunia maya, tak perlu meninggalkan berbagai data kartu kredit di setiap situs. Cukup meninggalkan kode yang diberikan oleh Paypal. Nah, Paypal yang akan mengurus pembayaran dan tagihan.

Mereka yang berminat, tidak perlu membayar biaya bergabung ataupun biaya keanggotaan seperti kartu kredit. Paypal baru menarik ongkos dari anggota, apabila anggota yang melakukan transaksi. Besar biaya bervariasi. Ambil contoh untuk penarikan dana tunai senilai Rp 1,5 juta, anggota Paypal akan terkena biaya Rp 16.000.

Kendati akan menjadi salah satu jaringan transaksi yang handal di masa mendatang, Rico mengatakan saat ini masih ada kendala. "Sistem teknologi menjadi kunci dalam transaksi ini," kata Rico.

Lantas siapa saja yang menerima fee dari sistem Paypal? Bank tentu mendapatkan fee based income dengan menjadi mitra Paypal. Namun, penerima fee terbesar ya tentu Paypal, sebagai pemilik jaringan.

Sumber: Kontan Harian, 01-Maret-2008

No comments:

Post a Comment