Thursday, August 21, 2008

Memilih Password Yang Baik

Yah semua orang pasti sudah mengerti apa itu password, sebuah huruf/angka unik/mudah diingat setiap orang. Password merupakan sebuah kata kunci untuk membuka suatu account/email/mengambil uang di ATM, dll..Bagi kebanyakan orang ketika pertama kali disuruh membuat password untuk sebuah account, hal pertama kali mereka ingin mengingat pasword itu mudah, biasanya bagi kebanyakan orang membuat password berdasarkan pada kelahirannya/nama anak kesayangan/hobi,dll.

Tapi apa itu bagus? Semua pasti setuju kalo di jawab tidak, soalnya saya pernah iseng2 coba buka password teman saya di account emailnya, sebelumnya saya meneliti dan menganalisa hari kelahiran/hobinya/nomer telepon dan saya coba-coba ternyata berhasil dibuka dengan cepat, apalagi jika saya punya software untuk menjebol password, maka makin cepat proses penjebolan password.

Sekarang pertanyaannya, gimana memilih password yang baik dan aman sehingga sulit di bobol oleh hacker

1. Setidaknya membuat password minimal terdiri dari 7-8 karakter..semakin panjang semakin baik apalagi kalo panjangnya sampai 20 karakter(kepanjangan kali ya, he3)

2. Buat password menggunakan kombinasi simbol/angka/huruf seperti
Z0n@T#kN0L0g! (dibaca:zonateknologi)

Semakin banyak kombinasi simbol dalam sebuah paswword maka akan semakin susah hacker untuk membobol pasword Anda, bayangkan saya seorang hacker harus mencoba berbagai macam kombinasi huruf kecil, kombinasi huruf besar, angka, belum lagi simbol.

3. Untuk point kedua merupakan tipe password yang bagus tapi sayangnya tidak semua account mengijinkan penggunaan tanda simbol-simbol, biasanya hanya mengijinkan penggunaan huruf besar, huruf kecil,dan angka tapi dengan mengkombinasikan huruf besar/kecil dan angka juga cukup aman untuk membuat password,
contoh:z0n4t3KN0Log1(dibaca;zona teknologi)

4. Membuat password mudah diingat, seperti sepedamotorkuhonda, jangan lupa digabungkan huruf besar dan kecil dalam penulisan.

5. Dan yang paling penting sebagus apapun kombinasi huruf Anda dalam membuat password, suatu saat password Anda akan dapat di tembus oleh hacker maka jangan lupa untuk sering mengganti password Anda minimal 2 minggu/1 bulan sekali untuk pencegahan.

Nb:
Untuk mbak adealfay makasih lo aku uda dikasih award ini

No comments:

Post a Comment